Sabtu, 05 November 2011

Motherboard



Assalamu'alaikum wr. Wb.

بسم الله الرحمن الرحيم

Motherboard atau biasa juga disebut mainboard merupakan sebuah papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard. Fungsi umum dari Motherboard adalah tempat memasangkan processor, RAM, VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain-lain.

Di dalam motherboard menyediakan rangkaian sirkuit yang menghubungkan berbagai komponen penyusun motherboard tersebut. Motherboard untuk komputer PC biasanya memiliki komponen mikropsosesor tersendiri, memori utama dan komponen penting lainnya, setidaknya memiliki tempat untuk memasang komponen tersebut yang memang bentuknya sangat spesifik. Sementara untuk komponen eksternal lainnya biasanya bisa dipasang atau dihubungkan melalui port yang umum yang bisa digunakan oleh berbagai peralatan eksternal lainnya atau melalui kabel. Namun dengan perkembangan teknologi integrasi, banyak periferal yang asalnya hanya bisa dihubungkan melalui port atau kabel, bisa diintegrasikan secara langsung ke dalam motherboard seperti kartu suara dan kartu VGA.

Terutama sekali, sedikitnya ada 7 hal yang harus diperhatikan pada sebuah motherboard. Ketujuh komponen tersebut adalah :
  1. Chipset
  2. Tipe CPU
  3. Slot dan tipe memori
  4. Cache memory
  5. Sistem BIOS
  6. Slot ekspansi
  7. Port I/O
 Dari sinilah sesungguhnya problem pada sebuah system PC bisa dilacak atau dideteksi. Kerusakan di luar 7 komponen tersebut biasanya jarang terjadi. Kemungkinan yang lain, bila ketujuh komponen ini terlihat beres-beres saja, patut diduga bahwa masalahnya terletak pada arsitektur motherboard itu sendiri, entah sirkuit-sirkuitnya, atau komponen-komponen yang dipergunakannya.   

Spesifikasi Motherboard

Dalam pemilihan motherboard, tentu saja kita harus memperhatikan beberapa hal. Hal ini nantinya akan menentukan spesifikasi komputer yang kita gunakan, yaitu :
  1. Dukungan Processor yang digunakan, menggunakan Slot atau Socket.
  2. Kecepatan Internal Cache Memory, seperti 512 Kb, 1 Mb, 2 Mb, dll. Semakin besar kapasitasnya semakin kencang pula prosesnya.
  3. Dapat dilakukan Upgrade, baik itu terhadap processor, kapasitas RAM, dll.
  4. Jumlah slot yang tersedia, Memory Slot, Expansion Slot : ISA, PCI, AGP atau PCI Express.
  5. Apakah mendukung VGA Card, Audio Card, LAN Card yang Onboard ?
  6. Dukungan setting Motherboard melalui Jumper atau BIOS.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Untuk Kalian !

Total Tayangan Laman

Share it